KUMPULAN KRYA TULIS

Thursday, January 5, 2017

CONTOH KARYA TULIS KOMPRESSOR 2 TINGKAT



BAB I
PENDAHULUAN

Negara kita yang merupakan negara maritime dari sebagian besar wilayah perairan terdiri dari daratan yang dikelilingi laut dan samudera yang luas.
Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin pesat laju pertumbuhan penduduk dan ekonomi, maka banyak pengusaha pelayaran meningkatkan usahanya. Demikian pada angkutan laut banyak dipengaruhi oleh keadaan geografris, ekonomi, dan factor lain.
Dalam menunjang keselamatan pelayaran di laut perlu adanya alat penunjang atau alat bantu kapal yang sesuai, sehingga dalam pelayaran tidak mengalami suatu hambatan. Alat bantu diantaranya adalah kompresor, dimana kompresorini harus dapat bekerja dengan baik dan tanpa hambatan maka kompresor perlu dilakukan perawatan secara continue sehingga hal ini dapat mengurangi terjadinya kerusakan yang lebih parah, mengingat dalam penggantian spare part saat ini dirasa sangat mahal sehingga dengan perawatan ini dapat mengurangi pengeluaran biaya perusahaan.

 

 





BAB II

DATA KAPAL

1.      Nama kapal                :  MV. DONG HO                Panggil  :  DSQK2
       Ship’s name                                                            Call sign

2.                      Pemilik kapal            :  KINGSOCEAN SHIPPING                                      Ship Owner                       

3.          Kebangsaan              :  SOUTH KOREA
Nationality

4.          Terdaftar di               :  JEJU, KOREA         IMO Registrasi : 8921676
Port of registry                                             IMO Number

5.          Dibuat di                   :  EHIME, JAPAN       Tahun : 1990
Built at                                                          Year 

6.          Jenis kapal                :  OTHER CARGO SHIP
Type of ship’s

7.          Trayek pelayaran      :  OCEAN GOING
Service route

8.          Klasifikasi                 :  K.R. ( Korean Register )
Classification          

9.          Sertifikat lambung     :  CSN-233
        Hull certificate


10.      Sertifikat mesin         :  S M
Machinery certificate

11.      Berat kotor               :  5,144  T
Gross tonnage

12.      Berat bersih              : 2,990  T
Net tonnage

13.      Bobot mati                :  6,805  T
Dead weight

14.      Panjang keseluruhan                                          :  110.00  M
Length over all

15.      Panjang antara garis tegak                                 :  102,00  M
Length between perpendiculars

16.      Lebar keseluruhan                                             :  17,40  M
Breadth moulded

17.      Kedalaman sampai dek utama                           :  10,50 M
Depth moulded to main deck
18.      Kecepatan Kapal                                              :  Uji coba          :  16,189 Knots
Ship’s Speed                                                      Sea trial       
            :  Normal            :  14,0 Knots
                 Service speed






19.      Mesin penggerak utama               : Jenis            : MAN  B & W 6 L 35 MC
Main propulsion engine                  Type
  Jumlah                       :  1   SET  
                                                              Number
                                                              Pembuat                     :   HANSHIN
                                                              Maker
                                                              Daya poros                :   4560 PS 
                                                              Power out put
                                                              Putaran mesin :  200 RPM
  Engine RPM

20.      Mesin bantu                                  :  Jumlah                       :  2 Unit
Auxiliary engine                            Number
                                                            : Pembuat                      :  TAIYO
Maker
                                                            :  Jenis                           :  YANMAR
 Type                   

21.      Kapasitas tanki air tawar                                         : 319.27 T
Fresh water tank capacity

22.      Kapasitas tanki air ballast                                       :  1,521.48 T
Ballast tank capacity

23.      Pemakaian bahan bakar / hari
Fuel oil consumption / day

·    Jenis bahan bakar motor induk                           :  M  F O  (Marine Fuel Oil)
              For main engine / grade of fuel oil

·    Jenis bahan bakar motor bantu                           :  M D O (Marine Diesel Oil)
              For auxiliary engine
24.      Jumlah anak buah kapal                                         :  19 orang
Number of crew                                                         person

·        Perwira Deck                                                  :  4   orang
Deck Officer                                                            person

·        Perwira Mesin                                                 :  4  orang
Engineer                                                                 person

·        Jumlah Taruna                                                  :  2 orang     
Number of Cadet                                                   person

25.      Peralatan di anjungan
Bridge equipment

- RADAR                      :  Pembuatan / jenis     : J R C   NWZ - 158
Maker / type

- SSB (MF/HF)             :  Pembuatan / jenis     : JRC JSB-19 GM
                                                       Maker / type

- VHF                            :  Pembuatan / jenis     : J R C   NCH 414
 Maker / type

- INMARSAT – C        :   Pembuatan / jenis     :  JRC  JUE - 85
 Maker / type

- NAVTEX                   :   Pembuatan / jenis          : JRC NCR-333
    Maker / type

- EPIRB                        :   Pembuatan / jenis          : JXJ TRON 405
  Maker / type

- GYRO COMPAS       :  Pembuatan / jenis          : TOKYO,KEIKE  TG-5000
Maker / type

  - SART                          : Pembuatan / jenis           :  SARTRAN  MSR-901
                                                     Maker / type

        - ECHO SOUNDER       : Pembuatan / jenis         : JRC  JFE-582  
Maker / type

- G P S                           : Pembuatan / jenis          : JRC JLR - 7700 MK II    
Maker / type

 - A I S                           : Pembuatan / jenis          : J H S - 182    
Maker / type

- WEATHER                   : Pembuatan / jenis         : J A X – 9A    
           FACSIMILE                     Maker / type

- VOYAGE                    : Pembuatan / jenis          : J C Y - 1700    
          DATA RECORD                Maker / type
BAB III
PERAWATAN DAN PENGOPERASIAN KOMPRESOR UDARA
DUA TINGKAT
A.     Pengertian Kompresor Udara
Kompresor udara di dalam kamar mesin sebuah kapal merupakan salah satu dari beberapa pesawat bantu yang ada di kapal. Fungsi kompresor adalah pesawat bantu yang berfungsi untuk mendapatkan udara kerja yang ditampung dalam tabung udara yang mempunyai tekanan lebih dari 1 ATM (20 – 30 kg/cm2).
Pada umumnya pada kapal dipasang 2 buah kompresor yang mempunyai tujuan apabila salah satu dari kompresor rusak atau macet, masih ada yang lain yang dapat menggantikan.
Kompresor udara pada kapal ada 2, yaitu
  1. Kompresor udara utama yang berfungsi untuk mengisi udara kerja pada botol angin utama.
  2. Kompresor udara bantu yang berfungsi :
Untuk emergency bilamana kompresor udara utama rusak/macet dan untuk mengisi udara pada botol angin bantu.





B.     Prinsip Kerja Kompresor Udara
Kompresor udara yang ada di kapal sangat mempengaruhi kerja mesin. Berhubung paling banyak digunakan pada kapal adalah 2 tingkat, maka penulis hanya menguraikan prinsip kerja kompresor udara 2 tingkat.
1.      Prinsip Kompresor udara 2 tingkat, yaitu pada gambar :


 










Gambar I
Keterangan
  1. Katup isap tekanan rendah
  2. Katup tekan tekanan rendah
  3. Cincin torak
  4. Torak/ piston
  5. Batang torak
  6. Katup isap tekanan tinggi
  1. Katup tekan tekanan tinggi
  2. Inter coller
  3. Air laut pendingin masuk
  4. Air laut pedingin keluar
  5. Torak naik
  6. Torak turun
Udara diluar dihisap oleh torak tekanan rendah melalui saringan (filter) dan masuk ke dalam silinder melalui katub hisap tekanan rendah. Setelah dikompresikan dalam silinder. Udara keluar melalui katub tekan tekanan rendah, kemudian udara didinginkan pada inter cooler dan selanjutnya udara masuk ke dalam silinder tekanan tinggi  melalui katub isap tekanan tinggi dan udara keluar melalui inter cooler menuju tabung udara (botol angin) melalui katub tekan tekanan tinggi.
Selama kompresor bekerja perlu adanya pendinginan, pendinginan  diambil dari air laut dan agar kompresor tidak mengalami kerusakan maka bagian tertentu dipasang Zink Anoda untuk menghindari korosi.
Alasan kompresor perlu pendingin adalah
a.       Untuk memperkecil suhu udara.
b.      Untuk memperbesar rendemen volumentric
c.       Memperkecil kenaikan suhu pada kompresor









2.      Alat Pengaman Kompresor Udara
Untuk meningkatkan keselamatan kerja pada kompresor udara perlu dipasang alat-alat pengaman agar kompresor dapat bekerja dengan aman dan tidak ada gangguan waktu bekerja.
Fungsi dari alat-alat pengaman kompresor antara lain :
a.       Katub Keamanan
Katub keamanan berfungsi untuk mengeluarkan tekanan lebih dari yang diijinkan sehingga dapat menghindari terjadinya ledakkan.
b.      Katub Cerat
Katub cerat digunakan untuk start pertama agar tidak terjadi ledakan
c.       Gelas Penduga Minyak Lumas
Gelas penduga minyak lumas ini berfungsi untuk mengetahui/melihat tinggi rendahnya minyak lumas dalam sistem.
d.      Saringan/Filter
Filter digunakan untuk menyaring udara yang masuk kedalam sistem sehingga tidak masuk dan membawa kotoran
e.       Manometer
Manometer berfungsi untuk mengetahui tekanan kerja dan tekanan yang diijinkan yaitu 30 kg / cm2.
f.        Termometer
Termometer berfungsi untuk mengetahui suhu air pendingin saat bekerja yaitu pada suhu 80 ° C.

3.      Alat-alat bantu kompresor
Selain dilengkapi dengan alat pengaman, kompresor juga dilengkapi dengan alat bantu guna menunjang proses kerjanya. Alat bantu  pada kompresor antara lain;
a.         Tabung udara (botol angin) dengan tekanan max. 30 kg/cm2
b.        Motor listrik sebagai tenaga penggerak
c.         Penggerak diesel (untuk kompresor bantu)
4.      Bagian-bagian kompresor
Bagian-bagian dari kompresor antara lain :
a.       Cylinder head, sebagai tempat kedudukan katub isap dan katub tekan
b.      Torak (Piston)
Torak dibuat dari paduan ringan. Pada bagian atas dan bawah terdapat 3 buah alur. Alur nanti terpasang cincin torak (ring)












 

















Gambar 2


Keterangan :
1.      Ring Piston
2.      Ring Kompresi
3.      Ring Oli
Besarnya cincin torak harus tepat pada alur pegasnya. Dibawah alur terdapat 2 (dua) buah lubang, untuk pena torak ini dipasang batang torak.
c.       Batang torak (connecting Rod)
Batang torak digunakan untuk menghubungkan torak dengan poros engkol (crank shaft) yang digunakan sebagai penggerak keduanya.
Batang torak terdiri dari :
1.      Batang torak (Conecting Rod)
2.      Pena torak (Piston Pin)
3.                  Lager Pena (Piston Pin Bush)
4.      Connecting Rod Bolt
5.                  Mead Lager (Bearing Insert)
6.                  Tutup Lager (Bearing Cap)
d.      Poros Engkol (Crank Shaft)
Poros yang berada ditengah-tengah badan (casing) yang rnemutar batang torak dinamakan poros engkol. Salah satu ujung badan (casing) dipasang Fly Whell agar dalam badan (casing) benar-benar terdapat ruang bebas dari bocoran-bocoran udara luar. Maka diantara badan dan rangka dengan poros engkol dipasang shaft seal (badan paking). Jika tidak dipasang sahft seal maka minyak lumas atau gas dari casing (badan) bocor keluar, lebih-lebih pada waktu poros engkol berputar cepat





 













Gambar 3
(Connecting Road)
Keterangan :
1.      Batang torak (Conecting Rod)
2.      Pena torak (Piston Pin)
3.      Lager Pena (Piston Pin Bush)
4.      Connecting Rod Bolt
5.      Mead Lager (Bearing Insert)
6.      Tutup Lager (Bearing Cap)



 















Gambar 4
Cincin Torak (Ring Piston)

Keterangan :
1.      Cincin torak atas
2.      Cincin torak bawah
3.      Celah cincin (kelonggaran Min 0,25 – 1 mm)
C.     Tenaga Penggerak Kompresor Udara
Tenaga penggerak pada kompresor udara adalah:
a.      Kompresor udara utama menggunakan tenaga penggerak motor listrik
b.      Kompresor udara bantu menggunakan tenaga penggerak diesel.
Meskipun dengan tenaga penggerak yang berbeda tetapi fungsi dari keduanya sama. Bila salah satu kompresor udara rusak, maka kompresor yang lainnya dapat menggantikan.
1.      Tenaga penggerak dengan Motor Listrik
Pengertian dari motor listrik adalah suatu alat atau pesawat yang apabila diberi aliran listrik akan menghasilkan tenaga putar, selanjutnva tenaga putaran dimanfaatkan untuk menggerakan kompresor udara dengan menghubungkan roda pully dengan v’belt pada motor tersebut.
2.      Tenaga penggerak dengan Diesel
Kompresor udara yang menggunakan tenaga penggerak diesel biasanya dari jenis kompresor udara bantu. Kompresor udara bantu di kapal digunakan sebagai emergency (darurat) bila kompresor udara utama rusak atau macet.
Kompresor udara bantu dipasang berjauhan dari kompresor udara utama karena menggunakan bahan bakar yaitu solar, dan kompresor udara bantu dibuat lebih kecil karena fungsinya hanya membantu kompresor udara utama.


D.    Tabung Udara (Botol Angin)
Untuk menampung udara kerja yang dihasilkan oleh kompresor maka diperlukan alat bantu yaitu botol angin.
1.      Fungsi botol Angin
Botol angin berfungsi sebagai penampung udara kerja dari kompresor. Pada kapal, udara kerja digunakan untuk :
a.       Untuk start Main Engine dan Auxialary Engine
b.      Menjalankan alat-alat otomatis.
c.       Untuk membersihan kotoran-kotoran
d.      Untuk membunyikan seruling kapal, dan lain-lain.
Jumlah tabung udara dibuat 2 dimaksudkan apabila salah satu rusak atau macet maka tabung udara yang lain dapat menggantikannya dan juga merupakan syarat dari klasifikasi.
2.      Alat bantu pada tabung udara
Untuk menjaga agar keamanan kerja dan mencegah agar tabung udara tidak cepat rusak, maka dlengkapi dengan alat-alat sebagai berikut :
a.       Manometer
Manometer berfungsi untuk mengetahui tekanan udara di dalam botol udara yaitu antara 20 - 30 Kg/Cm2.
b.      Katub Cerat
Katub cerat berfungsi untuk mencerat air yang berada didalam botol akibat terjadinya kondensasi udara didalam boto1 serta untuk mencegah terjadinya korosi.
c.       Katub Pengeluaran Udara ke Mesin
Katub pengeluaran udara ini berfungsi untuk saluran udara untuk menjalankan mesin atau untuk kegiatan lain
d.      Katub Pengisian
Katub pengisian digunakan sebagai saluran udara dari kompresor ke botol angin.
e.       Katub Keamanan
Sebagai katub keamanan yaitu menjaga bila terjadi tekanan yang rnelebihi kapasitas didalam tabung sehingga dapat menghindari terjadinya ledakan.
              f  .Manhole












E.     Perawatan Kompresor Udara
Di dalam perawatan kompresor udara tidak sulit kalau pekerja yang mengoperasikanya tidak ceroboh, tetapi harus selalu memperhatikan cara-­cara yang dilakukan.
Perawatan katub-katub misal, katub isap, katub tekan, katub keamanan.
Cara perawatan yang baik pada kompresor:
a.      memperhatikan sistem pelumasan dan pendinginan
b.      memperhatikan bahan packing,
c.      pemeriksaan terlebih dahulu sebelum di gunakan alat-alat pengaman,  packing - packing, seal-seal, dan lain-lain
d.                  pembuatan jadwal setiap mengganti minyak pelumas
Kalau dijalankan instruksi tersebut, maka kompresor dapat bekerja dengan baik dan aman, disamping itu pekerja yang mengoperasikannya harus mahir.
 Pada waktu praktek dilapangan ada beberapa kerusakan dari kompresor bantu dan cara perbaikan yang dilakukan :
1.      Mengganti beberapa packing
Gantilah packing yang rusak sesuai dengan fungsinya..
2.      Menganti beberapa seal pada as poros
Gantilah seal yang rusak sesuai dengan nomor serinya.



3.      Mengganti minyak pelumas
Minyak pelumas yang dipakai jenis oli mediteran SAE 40. Untuk mengganti minyak pelumas kalau sudah waktunya harus diganti selama 3 bulan sekali atau dapat dilihat pada gelas penduga minyak pelumas yang dipasang dekat badan dari kompresor.
Kalau misalnya minyak pelumas berkurang, maka minyak pelumas perlu ditambahi.
 Cara penggantian minyak pelumas :
a.      lihat minyak pelumas pada gelas penduga..
b.      tuangkan minyak pelumas yang kotor dalam kaleng bekas, bersihkan dengan angin sampai bersih
c.      ambil minyak pelumas dan tuangkan ke dalam bak oli pada kompresor
d.      lihat pada gelas kaca penduga dan usahakam minyak pelumas berada di garis tengah dari gelas kaca penduga tersebut.
e.      kalau sudah berada di tengah-tengah berarti sudah cukup minyak.
f.        tutup kembali penutupnya dan kompresor siap dijalankan.
4.      Mengisi/menambah bahan bakar
Bahan Bakar yang digunakan jenis Solar (HSD). BB ditampung dalam tanki BB yang berada di atas badan kompresor. Dibawah tangki ada saringan / filter bahan bakar yang kegunaannya untuk menampung, kotoran-kotoran solar.


Cara-cara perawatan yang baik pada kompresor udara sebagai berikut :
a.      memperhatikan sistem pelumasan.
b.      memperhatikan isi BB (untuk kompresor bantu)
c.      bersihkan saringan (filter).
d.      perhatikan kerja dari alat-alat pengaman
e.      perhatikan pengaturan air pendingin (untuk kompresor bantu)
f.        perhatikan v'belt.
g.      karena pendingin dari air laut, maka bagian-baggian tertentu agar di beri Zink Anoda untuk mengurangi korosi.
h.      disekitar unit kompresor udara harus dalam keadaan bersih dan aman dari benda-benda lain.
5.      Perawatan sistem pendinginan
Sistem pendinginan di kapal menggunakan air laut yang berarti udara dari kompresor didinginkan dengan air laut melalui inter cooler. Pada sistem pendinginan kompresor yang menggunakan air laut diperlukan perawatan yang teratur karena sifat dari air laut yang cenderung memakan / merusak logam, air laut yang digunakan sebagai media pendingin terlebih dahulu melalui saringan filter air laut tetapi sering masih ada kotoran yang ikut terbawa dan mengendap pada inter cooler, sehingga perlu adanya perawatan yang teratur dan perbaikan sedini mungkin,



Cara-cara perawatan sistem pendinginan yang baik pada kompresor
1.      Lepas penutup Inter cooler.
2.      Bersihkan endapan lumpur.
3.      Semprot dengan air pembersih.
4.      Periksa Zink Anoda apabila habis atau sudah berkurang perlu diganti.
5.      Periksa pipa-pipa apabila, ada yang bocor perlu diganti
Kalau sudah dicek kembali, penutup dipasang kembali.
















F.      Perbaikan Kompresor Udara
Pada kompresor udara kemungkinan terjadi kerusakan-kerusakan besar maupun kecil.
Kerusakan-kerusakan tersebut perlu adanya perbaikan-perbaikan. Seandainya kerusakan kecil dapat diatasi oleh masinis atau pekerja maka perlu melakukan perbaikan darurat, bila kerusakan parah perlu diadakan perbaikan besar.
Kerusakan-kerusakan yang sering terjadi :
1.      Karena kelistrikan
a.       sumber listrik
b.      motor listriknya
2.      Karena sistem (unit)
a.       kompresor itu sendiri
b.      sistem pelumasan
Kerusakan ada dua macam :
  1. Kerusakan besar, misalnya :
a.       torak / piston pecah
b.      batang penggerak (Connecting rod) patah
c.       minyak pelumas habis dan suara mesin keras
d.      as pada poros engkol patah
e.       bagian-bagian dalam sistem banyak yang aus atau rusak
  1. Kerusakan kecil, misalnya :
a.       bahan packing dan seal aus / bocor
b.      karet V belt putus
Langkah-langkah perbaikan baik kerusakan besar atau kecil sebagai berikut :
  1. Langkah-langkah persiapkan perbaikan :
a.       Siapkan alat-alat antara lain :
1)      Kunci pas, ring, linggis
2)      Palu kayu atau besi (pemukul)
3)      Tang, majun
4)      Siapkan bahan packing, seal dan minyak pelumas
5)      Obeng (-), obeng (+), sikat, kuas, dan lain-lain.
b.      Siapkan tempat pembongkaran kemudian bersihkan
c.       Siapkan lem perekat packing, minyak pelumas (oli)
  1. Langkah-langkah perbaikan yang tepat dan teratur :
a.       Lakukan perbaikan yang perlu
b.      Dalam pemasangan usahakan yang benar
c.       Setelah semua perbaikan selesai, kemudian tuang minyak pelumas pada bak oil
d.      Lakukan langkah penghidupan kompresor tersebut
e.       Periksa kembali alat pengaman dengan cermat
f.        Kalau suara mesin baik dan bagus maka perbaikan dianggap selesai
g.       Setelah itu letakkan pada dudukan kompresor udara dengan pemasangan yang presisi dan baut tanam yang dipakai harus betul-betul kuat.


G.    Perawatan sistem pelumasan
Didalam kompresor perlu adanya suatu sistem pelumasan yang berfungsi untuk melumasi bagian-bagian yang ada didalam sistem kompresor. Minyak pelumas yang digunakan adalah mediteran dengan SAE 40. Disamping untuk melumasi bagian-bagian penting juga digunakan untuk melumasi bagian yang bergerak berputar agar tidak lekas aus dan patah.
Pada suhu rendah minyak pelumas tidak boleh menimbulkan kotoran – kotoran dan endapan, pada suhu tinggi minyak pelumas harus tahan pada suhu tinggi
Fungsi dari pelumasan adalah sebagai berikut :
a.       Mengurangi gesekan yang terjadi
b.      Mengurangi getaran-getaran yang terjadi
c.       Memperhalus suara mesin
d.      Menambah kekuatan mesin dalam sistem
Minyak pelumas harus selalu diperhatikan supaya kompresor dapat bekerja dengan baik tanpa gangguan. Minyak pelumas jangan sampai kotor karena dapat merusak kompresor. Minyak pelumas yang kotor harus segera diganti dengan yang baru. Ketinggian minyak pelumas dapat dilihat melalui gelas kaca minyak lumas. Menambah dan mengganti minyak  pelumas dapat dilakukan 3 (tiga) bulan sekali atau sewaktu minyak pelumas habis.



Kebocoran-kebocoran yang biasanya terjadi disebabkan :
a.       Seal yang rusak dan aus
b.      Bahan packing bocor
Cara perbaikan :
a.       Ganti seal yang rusak /aus dengan yang baru
b.      Ganti bahan packing dengan yang baru
Pemakaian minyak pelumas yang terlalu banyak juga dapat mengakibatkan kerusakan pada kompresor oleh karena itu pada waktu penggantian atau pengisian minyak pelumas, usahakan pas (dapat dilihat melalui gelas duga pada badan kompresor).













H.    Perawatan tabung udara
Disamping mengetahui cara penggunaan dari tabung udara sebaiknya kita juga mengetahui cara perawatan dari tabung udara. Cara perawatannya antara lain;
-         manometer harus bekerja dengan baik
-         katub cerat harus dijaga kondisinya
-         katub pengeluaran dan katup pengisian harus dalam keadaan bagus dan siap pakai
-          katub pengaman harus mampu bekerja secara otomatis dengan baik
1.      Cara perawatan tabung udara yang baik dari :
a.       Cerat kotoran – kotoran berupa campuran minyak pelumas dan air
b.      Perhatikan pengaturan tekanan kerja yang digunakan
c.       Hindari terjadinya kelebihan udara sesuai dengan ketentuan
d.      Perhatikan kerja dari katub keamanan
e.       Perhatikan kerja dari katub-katub yaitu katub pengisian, katub cerat, katup pengeluaran dan lain-lain
f.        Disekitar tabung udara harus dijaga kebersihannya
g.       Perawatan secara rutin
h.       Dalam keadaan mesin berjalan diharapkan botol angin tetap terbuka satu





2.      Pemasangan botol angin
Pada umumnya pemasangan botol angin dikapal dibagi menjadi 2 jenis :
a)      Secara vertikal
Pada botol angin  yang vertikal dasar botol angin harus dalam keadaan cekung bertujuan untuk tempat kumpulan air kondensor dan minyak yang terbawa serta kotoran lain yang selanjutnya dapat dibuang melalui katub cerat
b)      Secara horisontal
Pemasangan secara horisontal dimana botol angin dipasang miring sekitar 30o dengan alasan agar kondensasi dapat turun kebawah dan bisa di cerat













I.       Pengoperasian kompresor udara dua tingkat
Kompresor di kapal harus dapat dioperasikan,  keduanya secara bersamaan maupun sendiri – sendiri. Pada umumnya kompresor dioperasikan secara otomatis
Cara–cara pengoperasian manual yang baik pada kompresor udara adalah sebagai berikut :
1.      Pengecekan minyak lumas
2.      Pengecekan bahan bakar (untuk kompresor bantu)
3.      Pengukuran air pendingin (untuk kompresor bantu)
4.      Pengecekan manometer tekanan kerja
5.      Termometer pengukur suhu
6.      Periksa katub-katub pengaman
7.      Nyalakan pompa air laut
8.      Buka kran pengisian dan pemakaian pada botol angin
9.      Start motor penggerak kompresor









Tindakan Pengamanan
Pada waktu pembongkaran dan perakitan kembali perlu diperhatikan hal-hal berikut :
1.      Sebelum pembongkaran atau perbaikan dilakukan, listrik harus dimatikan dari tombolnya, dan udara yang masih tersisa di dalam tanki udara dibuang habis.
2.      Bagian-bagian yang dibongkar harus diletakkan kotak atau diatas kertas secara berurutan untuk memudahkan pada waktu pemasangan kembali. Dengan cara ini tidak akan ada suku cadang yang terlewat atau tertukar urutan pemasangannya.
3.      Packing atau cincin yang rusak harus diganti baru. Packing yang telah dipakai tidak boleh dipasang lagi
4.      Jika pencucian dilakukan dengan minyak, bagian – bagiannya harus dikeringkan sebelum dipasang. Untuk membersihkan endapan karbon yang berasal dari minyak pelumas sebaiknya dipakai zat pembersih karbon
5.      Pada waktu memasang kembali, lumurkan terlebih dahulu minyak pelumas yang sesuai pada permukaan – permukaan yang meluncur.







BAB IV
PENUTUP

A.     Kesimpulan:
1.      Semua pesawat bantu yang berada diatas kapal sangat penting fungsinya, terutama kompresor yang berfungsi untuk menghasilkan udara yang digunakan untuk menjalankan mesin induk dan bantu
2.      Untuk menjaga dan mencegah kerusakan dari kompresor, harus dilakukan pemeriksaan secara berkala dalam waktu 3 bulan sekali untuk mengetahui cara kerja dari bagian-bagian kompresor, apakah mesin layak untuk digunakan atau diganti
3.      Perawatan kompresor diantaranya yaitu pelumasan pada bagian-bagian yang bergerak pada kompresor seperti torak, silinder-silinder yang bertujuan untuk mencegah timbulnya korosi dan mengurangi gesekan yang dapat menyebabkan aus dan patah








B.     Saran – Saran
1.      Kita sebelum menjalankan kapal sebaiknya terlebih dahulu kita periksa segala sesuatu yang berhubungan dengan kelancaran pengoperasian kapal, khususnya pada pesawat bantu kompresor.
2.      Sebaiknya perawatan pada kompresor udara perlu dilakukan secara kontinyu, agar terhindar dari kerusakan –kerusakan yang parah.
3.      Hendaknya jangan menganggap remeh kerusakan – kerusakan pada bagian kompresor udara yang merupakan salah satu pesawat yang penting dalam pengoperasian dari mesin bantu dan induk
4.      Sebagai seorang ahli mesin, maka sebaiknya lebih berhati – hati dan profesional dalam penanganan mesin – mesin terutama pada mesin kapal, karena dengan adanya perawatan yang sempurna, maka mesin akan selalu lancar pada saat pengoperasian.

No comments:

Post a Comment